0
Dikirim pada 23 September 2018 di Uncategories

Kita sudah mengetahui perihal keutamaan-keutamaan shalat Tahajud seperti tertera di atas. Seterusnya dalam bab ini bakal kami jabarkan tentang hikmah-hikmah ketimbang shalat Tahajud atau shalat Dhuha.

Orang yang tetap merutinkan shalat Tahajud di tiap-tiap malamnya, ia akan tambah cenderung mempunyai karakter rendah hati. Seperti firman Allah SWT yang punya arti :

" Serta hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu ialah orong-orong yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati serta seandainya beberapa orang jahil menegur mereka, mereka ucapkan beberapa kata yang baik. Serta orang yang lewat malam hari dengan sujud serta berdiri buat Tuhan mereka "

Seseorang pakar Tahajud akan juga berubah menjadi orang yang tetap mensyukuri nikmat Allah swt, seperti yang sudah diterangkan di dalam hadist Nabi Saw, yang punya arti :

" Benar-benar Rasulullah SAW berdiri serta shalat sampai ke-2 telapak kakinya atau ke-2 betisnya abuh, jadi jawabnya : " Tidakkah saya ini seseorang hamba yang banyak bersukur ". (HR. Jam'ah terkecuali Imam Abu Daud, yang bersumber dari al-Mughirah bin Syu'bah R. A)

Tidak cuman itu, seseorang pakar Tahajud juga bakal bisa membiarkan simpul bujukan syaitan (mengusir syaitan) dan membuat tubuh fresh serta penuh semangat. Seperti sabda Nabi saw yang punya arti :

" Pada saat seorang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul dikepalanya. Buat tiap-tiap ia mengemukakan : " istirahatlah engkau selama malam, apabila ia terbangun, lantas, jadi lepaslah satu simpul, Kalau ia berwudhu, jadi lepaslah satu simpul lagi ; sekiranya ia shalat, jadi terbukalah semuanya simpul. Pada saat bangun lagi, ia bakal terasa penuh semangat dengan tubuh yang fresh.

Kalau tak, ia bakal bangun pagi dengan perasaan serba gak enak " (HR. Imam Bukhari, dari shahabat Abu Hurairah r. a)

Rasulullah saw. bersabda : " Tuhan kami turun ke langit dunia, saat sepertiga malam yang paling akhir, selanjutnya berfirman : " siapakah yang berdoa kepada-Ku pastinya Saya luluskan, siapa yang mengharap pastinya Saya berikan, siapa yang meminta ampun, pastinya Saya ampuni, hingga sampai muncul fajar " '.

Yang disebut turun ke langit dunia pada hadits di atas ialah perhatian Allah dalam mengabulkan permintaan orang yang menyukai bangun malam serta lakukan shalat Tahajjud dan meminta apakah yang dihajatkan, ialah begitu dilihat serta simpel dipenuhi oleh
Allah Swt.

Shalat Tahajud akan juga berguna baik buat kesehatan badan. Seperti yang dikemukakan olah Dr. Mohammad Sholeh, Dosen IAIN Surabaya dalam penelitiannya, jika satu diantaranya shalat sunnah itu dapat membebaskan seorang dari serangan infeksi serta penyakit
kanker. Dalam penelitiannya itu, dinyatakan jika shalat Tahajud bisa juga berguna pada penambahan pergantian tanggapan ketahanan badan imonologik : satu pendekatan siko-neuroimunologi.

Tidak hanya itu, kalau dilaksanakan lewat cara teratur, pas gerakannya, khusuk serta ikhlas, lewat cara medis shalat Tahajud menumbuhkan tanggapan ketahannan badan (imonologi)

utamanya pada imonoglobin M, G, A yang berwujud persepsi serta motivasi positif, dan bisa mengefektifkan potensi individu buat menanggulangi soal yang dihadapi.

Selain itu dalam suatu kajian pada 41 responden bekas SMU Luqman Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah, Surabaya. diketemukan jika keadaan badan seorang yang rajin bertahajjud lewat cara ikhlas tidak sama jauh dengan orang yang tak mengerjakan tahajjud. Mereka yang rajin serta ikhlas bertahajud mempunyai ketahanan badan serta potensi individuai buat menaggulangi soal masalah yang dihadapi dengan konstan. Menjadi sholat tahajjud tidak cuman berharga beribadah, sekaligus sarat dengan muatan psikologis yang bisa pengaruhi kontrol kognisi.

Dengan metode melakukan perbaikan persepsi serta motivasi positif serta coping yang efisien, emosi yang positif bisa menghindari seorang dari stress, walau sebenarnya orang stress itu kebanyakan mudah sekali pada penyakit kanker serta infeksi. Dengan sholat tahjjud yang dilaksanakan lewat cara teratur serta diikuti perasaan ikhlas dan tak terpaksa sekali, seorang bakal mempunyai tanggapan imun yang baik, yang kemungkinan bakal terbebas dari penyakit infeksi serta kanker.



Dikirim pada 23 September 2018 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah endi zufri ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Archive
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 167 kali


connect with ABATASA